Tips Memiliki Rumah Yang Berkah dan Halal

Tips Memiliki Rumah Yang Berkah dan Halal

perumahan di cibubur
perumahan di cibubur

Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang telah berkeluarga. Apalagi kita semua tahu, rumah adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah.

Kita semua tahu kalau harga rumah itu tidaklah murah, apalagi di zaman sekarang. Semuanya serba mahal. Untuk makan saja mahal, apalagi untuk membeli rumah. Memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin bagi sebagian orang mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Hal inilah yang terkadang membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya untuk mempunyai rumah.

Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang bagi orang yang ingin punya rumah sendiri. Hal inilah yang sering membuat banyak orang terpaksa harus mengontrak rumah karena tidak tersedianya dana untuk membeli rumah.

Memiliki rumah pribadi tidak hanya diperuntukkan untuk orang kaya saja, namun orang yang gajinya pas-pasan juga berhak atas hal ini. Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap Anda “tidak mampu” untuk membeli rumah.

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin punya rumah namun bergaji pas-pasan.

Merencanakan Keuangan
Dalam satu bulan, Anda bisa langsung melakukan penghitungan terhadap apa saja yang nantinya akan dicatat sebagai pengeluaran. Melakukan perencanaan keuangan seperti ini sangatlah penting agar impian untuk memiliki rumah segera terwujud.

Jika telah mengetahui jenis pengeluaran yang akan terjadi setiap bulan, cobalah untuk melakukan pencatatan dan berapa kisaran biaya yang akan dikeluarkan. Untuk jumlah biayanya memang tidak bisa dipastikan secara mutlak, namun Anda bisa menggunakan pengeluaran di bulan sebelumnya sebagai patokan. Karena pengeluaran yang terjadi bulan ini pastilah tidak akan jauh berbeda dengan pengeluaran bulan sebelumnya.

Setelah mengetahui jumlahnya, Anda perlu membagi gaji yang diterima setiap bulannya. Bedakan antara pengeluaran, tabungan, dan juga uang Down Payment (DP) rumah. Sisihkanlah setidaknya 20% dari gaji digunakan untuk tabungan DP rumah. Seperti yang kita ketahui, untuk dapat mengikuti program cicilan, Anda setidaknya harus bisa membayar DP minimal 20% dari harga rumah yang ingin dibeli.

Dalam hal ini harus memiliki kesabaran yang sangat kuat, bukan hanya anda tapi juga pasangan dan keluarga anda termasuk mertua dan orang tua. Jangan sampai anda menggunakan jalan yang tidak di ridhoi Alloh yaitu meRIBA… Naudzubillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *